LPDKI UMI-AMKI Gelar Kajian & Mabit

UMI Makassar – Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI bersama dengan Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Korwil IX Sulawesi melaksanakan kajian dan mabit di Masjid Ikhtiar Kampus UNHAS (22/8).

Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad, M.A, Ketua AMKI Korwil IX Sulawesi Sulaiman Gosalam, Prof.Basyir Syam, Prof. Ahmad Munir, sejumlah pengurus masjid kampus UNHAS, UMI, UNM, UIM dan utusan masjid kampus lainnya.

Prof. Basyir Syam yang menjadi pemateri kajian membahas tentang peranan masjid kampus dalam melahirkan pemimpin yang amanah di masa depan, terutama dalam melakukan pembinaan karakter terhadap mahasiswa, jelasnya. Dikatakan pula agar AMKI dan LPDKI UMI senantiasa bersinerji dalam meningkatkan kegiatan-kegiatan pembinaan keislaman berbasis masjid.

Pemateri lainnya Prof.Ahmad Munir menyatakan saat ini umat Islam mengalami “peperangan pemikiran dan peperangan aqidah”, dimana banyak lahir pemimpin saat ini yang jauh dari masjid dan kurang peduli dengan agama. Ditambah lagi banyaknya ajaran sesat yang berkembang di masyarakat. Untuk itu, peran masjid kampus sangat penting dalam mewujudkan masjid kampus yang Islami.

Dikatakannya, ada beberapa pilar, yakni mendekatkan diri dengan Al-Qur’an, karena jika manusia jauh dari Al-Qur’an, akan sesat. Selanjutnya, kampus Islami adalah memakmurkan masjid kampus dengan shalat berjamaah, sehingga diharapkan semua jadwal perkuliahan dan rapat pimpinan di kampus di luar jadwal shalat. Berikutnya ukhuwah islamiah dan kerukunan umat beragama, serta memahami Bahasa Arab, dan karakter akhlaq yang baik.

M.Ishaq Shamad menyatakan, kegiatan ini merupakan follow up dari kegiatan Lokakarya Pengelolaan Masjid Kampus Nasional yang diselenggarakan oleh Ristek DIKTI  di Jakarta, dimana UMI mengutus Ketua LPDKI UMI mengikuti kegiatan tersebut beberapa waktu lalu bersama 120 utusan masjid kampus seluruh Indonesia. Dikatakan pula kegiatan kajian seperti ini, akan dilaksanakan secara bergiliran di setiap masjid kampus dalam wilayah Korwil IX Sulawesi.

“Disamping itu pada bulan Nopember 2015 akan dilaksanakan Training of Trainer Kepemimpinan Nasional di Makassar yang akan dibiayai oleh Ristek DIKTI,” kuncinya.

(Humas UMI)

Previous LPDKI UMI Ikuti Workshop Bertema Tata Kelola Masjid
Next LPDKI Gelar Sosialisasi & Koordinasi AMKI Korwil IX Sulawesi

You might also like

Perenial Community – LPDKI UMI Adakan Seminar “Perempuan: Siapa saya?”

Anda pria? Kesulitan memahami wanita dan jika anda wanita mau tahu lebih banyak tentang apa, mengapa dan bagaimana anda? Ini antara lain dibahas dalam Seminar menyambut Peringatan Hari Kartini Tahun

LPDKI UMI Kembali Gelar Student Ambassador 2015

UMI Makassar – Pemilihan Finalis Duta Mahasiswa Kampus Islami berlangsung di ruang pelatihan LPDKI UMI (27/4) dibuka oleh Wakil Rektor IV UMI Drs.KH.M.Zein Irwanto, S, MA sekaligus menjadi dewan yuri

LPDKI UMI Ikuti Workshop Bertema Tata Kelola Masjid

UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mengutus Ketua LPDKI Dr.M.Ishaq Shamad, M.A dan Drs. Bahtiar mengikuti Workshop Kepemimpinan dan Pengelolaan Perguruan Tinggi tahun 2015 dengan tema “Tata Kelola