LPDKI UMI Gelar Pelatihan Leadership dan Manajemen

LPDKI UMI Gelar Pelatihan Leadership dan Manajemen

UMI Makassar – Pelatihan leadership dan manajemen berlangsung di ruang Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI (4/1) diikuti sekitar 30 mahasiswa UMI. Hadir Wakil Rektor 5 UMI Dr.M.Arfah Shiddiq, MA sekaligus sebagai pemateri bersama Dr.M.Ishaq Shamad, MA.

Dr. M.Arfah Shiddiq, MA menyatakan konsep pemimpin dalam Islam disebut Imamah, dan setiap umat Islam adalah pemimpin. Olehnya itu setiap pemimpin  harus memiliki kompetensi pemimpin dengan memiliki sikap STAF ( Shiddiq, Tablig, Amanah, dan Fathanah). Selain itu pemimpin juga harus memiliki pengetahuan yang luas dengan membaca biografi orang- orang yang sukses dan mengambil pelajaran dari orang-orang yang gagal.

Dikatakan pula jadilah pemimpin yang bisa menjadi teladan atau dapat memberi contoh yang baik kepada yang dipimpinnya dan memiliki kepribadian yang baik (memiliki integritas). Selain itu, seorang pemimpin harus juga memiliki wawasan yang luas dengan kemampuan menghargai orang lain. Wakil Rektor 5 UMI ini juga sangat mengapresiasi kreatifitas student ambassador dalam melaksanakan pelatihan ini.

“Student ambassador ini sudah teruji dalam melakukan kegiatan di UMI, baik skala lokal, nasional bahkan internasional. Bahkan salah satu anggotanya Andi Mangeppe saat ini masuk final Debat Mahasiswa TVOne,” jelasnya.

Dr.M.Ishaq Shamad menyatakan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada calon-calon pemimpin masa depan, khususnya mahasiswa yang tergabung dalam Forum Student Ambassador (Duta Mahasiswa UMI).

Materi yang disajikan antara lain konsep kepemimpinan dalam Islam, memahami potensi diri sebagai pemimpin, perbedaan kepemimpinan dan manajemen, kepemimpinan bersama, tipe-tipe pemimpin serta kepemimpinan distributif.

“Metode yang digunakan dalam pelatihan ini sangat variatif, dalam bentuk diskusi, game, kuiz, presentasi, display, dan think pair share ( berfikir, berpasangan dan berbagi),” jelasnya.

(Humas UMI)

Previous LPDKI UMI Bahas Kajian Kecerdasan Emosional & Spiritual
Next Pelatihan Kepemimpinan Rasulullah

You might also like

LPDKI UMI Gelar Kajian Keislaman IPTEKS

Pembukaan Kajian Keislaman IPTEKS berlangsung di ruang LPDKI UMI oleh Rektor UMI diwakili Wakil Rektor 5 UMI Dr.M.Arfah Shiddiq, MA (26/9). Hadir sejumlah dosen dan 100-an mahasiswa UMI. Dr.M.Arfah Shiddiq,

Perenial Community – LPDKI UMI Adakan Seminar “Perempuan: Siapa saya?”

Anda pria? Kesulitan memahami wanita dan jika anda wanita mau tahu lebih banyak tentang apa, mengapa dan bagaimana anda? Ini antara lain dibahas dalam Seminar menyambut Peringatan Hari Kartini Tahun

LPDKI UMI Kembali Gelar Student Ambassador 2015

UMI Makassar – Pemilihan Finalis Duta Mahasiswa Kampus Islami berlangsung di ruang pelatihan LPDKI UMI (27/4) dibuka oleh Wakil Rektor IV UMI Drs.KH.M.Zein Irwanto, S, MA sekaligus menjadi dewan yuri